Rabu, 05 Maret 2014

Teks Pidato Bertema Peran Remaja Terhadap Pelestarian Lingkungan


Syalom, selamat pagi.
Yang terhormat, Ibu/Bapak guru selaku tim juri dan teman-teman peserta didik yang saya banggakan.
Pertama-tama, patutlah kita memanjatkan puji dan syukur kepada Maha Besar Tuhan karena Ia boleh memperkenankan kita untuk berkumpul di tempat ini dengan keadaan tubuh yang sehat.
Ada pepatah kuno mengatakan, tak kenal maka tak sayang. Untuk itu izinkan saya untuk memperkenalkan diri. Nama saya Gita Leoni Sabanari, dari kelas XII IPA 1. Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan menyampaikan pidato saya yang berjudul:

“Tingkatkan Kepedulian Remaja Terhadap Lingkungan”

Hadirin yang saya hormati, di zaman ini kaum muda nampaknya tidak peduli lagi dengan kelestarian lingkungan sekitar. Sikap acuh tak acuh ini menunjukkan bahwa kebersihan bukan lagi hal yang utama dalam kehidupan sehari-hari baik secara individual maupun hidup bermasyarakat. Ada beberapa hal yang menyebabkan banyak orang tidak lagi menganggap kebersihan adalah hal yang utama. Di antaranya, yaitu kepekaan dan kesadaran yang perlahan memudar. Banyak orang yang menganggap membuang sampah sembarangan, tidak akan membawa dampak yang buruk terhadap diri mereka masing-masing. Padahal, sampah sekecil apapun yang mereka buang dengan sembarangan, akan membawa bencana jika telah menumpuk dalam jumlah yang besar. Misalnya, 8 dari 10 orang masyarakat di sebuah kota membuang sampah ke saluran pembuangan setiap hari. Maka dalam jangka waktu beberapa bulan, bahkan beberapa minggu sampah itu akan menumpuk. Jika hujan turun dengan intensitas tinggi maka, akan mengakibatkan banjir dan merugikan banyak orang.

Saudara-saudara, ini adalah hal kecil yang sering dilupakan banyak orang termasuk orang-orang muda. Kita tahu bersama, bahwa orang-orang muda adalah aset bagi masa depan yang lebih baik untuk suatu lingkungan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Apa jadinya negara ini, jika para pemuda sudah tidak peduli lagi dengan kelestarian dan kebersihan lingkungan sekitar. Seharusnya, orang-orang muda inilah yang menjadi pelopor terciptanya lingkungan yang kondusif di tengah-tengah masyarakat. Oleh karena itu, marilah kita sebagai pemuda-pemudi Indonesia, kita tingkatkan rasa kepedulian terhadap lingkungan sekitar kita. Karena kepedulian kita itu akan membuat kita terhidar dari berbagai bencana yang mengancam. Jika pemuda peduli, maka negeri ini akan permai.
Demikianlah pidato saya, semoga dapat bermanfaat. Mohon maaf apabila ada ucapan yang kurang berkenan. Atas perhatian dari saudara-saudara, saya ucapkan terima kasih, Tuhan Yesus memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar